Berita Daerah

Wahdah Islamiyah Siapkan Dai Masjid yang Viral di Gowa

Wahdah Islamiyah Siapkan Dai Masjid yang Viral di Gowa

REPUBLIKA.CO.ID, GOWA -- Dusun Langkoa yang terletak di Desa Bantoloe Kecamatan Bontolempangan Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan kini ramai dikunjungi wisatawan pasca viralnya masjid mewah yang terletak di tengah hutan desa. Masjid tersebut dibangun oleh pengusaha asal Sengkang Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan ini beberapa hari terakhir menjadi bahan perbincangan warga dunia maya.

Sang pendiri masjid, Puang Busli mengungkapkan masjid tersebut akan diresmikan pada 2021. Masjid itu belum diberi nama sama sekali.

Pria kelahiran Sengkang 70 tahun lalu ini menyebutkan, tujuan awal pembangunan masjid adalah sebagai tempat shalat karyawan kebun kopi miliknya. Kebun kopi Puang bernama Nirmala Bukit Celebes memiliki 28 karyawan yang setiap harinya mengolah kebun kopi jenis Arabica ini.

“Alhamdulillah bisa membantu warga desa untuk menjadikannya mata pencaharian,” ujar Puang dalam siaran pers tertulis Departemen Infokom dan Humas DPP Wahdah Islamiyah, Rabu (27/11).

Masjid yang ornamen dalamnya dipenuhi batuan granit ini aktif digunakan pula oleh warga desa untuk beribadah shalat. Pun, ramai digunakan shalat Tarawih di bulan Ramadhan.

Puang menyatakan masjid tersebut Insya Allah sangat terbuka untuk pengelolaan dan pembinaannya, agar ibadah di dalamnya lebih maksimal. Dalam pembinaan jamaah dan pemaksimalan fungsi masjid ini, Puang menyambut baik tawaran Dewan Pimpinan Daerah Wahdah Islamiyah (DPD WI) Gowa yang akan mengutus da’i untuk pengelolaan masjid tersebut.

“Alhamdulillah sudah ada perbincangan tadi dan Insya Allah kami akan mengutus da’i Wahdah Islamiyah secepatnya ke tempat ini untuk membantu mengaktifkan Taman Pendidikan Alquran (TPA). TPA ini untuk anak-anak, serta majelis taklim untuk warga setempat,” kata Ketua DPD Wahdah Islamiyah Gowa, Andi Tajuddin.

Da’i yang akan diutus, Andi menambahkan, rencananya juga akan menjadi imam masjid. Khususnya, saat menyambut bulan Ramadhan. “Insya Allah nanti bekerja sama dengan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) WI Bontolempangan dalam pengontrolan da’i” ujarnya.

Masjid yang akan dinamakan warga sekitar sebagai masjid 12 kubah ini ditempuh kurang lebih 2,5 jam dari kota Makassar. Pasca viral di media sosial, Puang Busli memilih untuk membatasi komunikasi dengan wartawan atau pengunjung.

Menurut Puang, masjid tersebut benar-benar ikhlas digunakan untuk ibadah. Ia menyayangkan jika pembangunan masjid disalahtafsirkan untuk tujuan lain, apalagi sampai pada tuduhan radikal. 

Share Postingan :
Sebelumnya :
Selanjutnya :
Dengarkan Streaming Online

 Radio Wahdah

Dakwah - Pendidikan - Sosial - Kesehatan

Ormas Islam Bermanhaj Ahlussunnah Wal Jamaah

Profil


DPW Wahdah Islamiyah Sulsel

Jl. Antang Raya
Ruko Antang Business Center (ABC) No. 4
Kec. Manggala, Kota Makassar
Sulawesi Selatan 90234, Indonesia
Telp. +62 821-4777-1717
Makassar - Indonesia 90234
E-Mail : admin@wahdah.or.id